Rabu, 15 Februari 2012

Magnesium: Apa itu?

Magnesium: Apa itu?

Magnesium adalah mineral yang paling berlimpah keempat dalam tubuh dan sangat penting untuk kesehatan yang baik. Sekitar 50% dari total tubuh magnesium ditemukan dalam tulang. Sisi lain terutama ditemukan di dalam sel jaringan tubuh dan organ. Hanya 1% dari magnesium ditemukan dalam darah, tetapi tubuh bekerja sangat keras untuk menjaga kadar magnesium konstan [1].

Magnesium diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. Ini membantu menjaga otot dan fungsi saraf, menjaga irama jantung stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan menjaga tulang yang kuat. Magnesium juga membantu mengatur tingkat gula darah, meningkatkan tekanan darah sudah normal dan diketahui terlibat dalam metabolisme energi dan sintesis protein [2-3]. Ada sebuah peningkatan minat peran magnesium dalam mencegah dan mengelola gangguan seperti hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes. Magnesium makanan diserap di usus kecil. Magnesium diekskresikan melalui ginjal [1-3,4].
Makanan apa yang menyediakan magnesium?

Sayuran hijau seperti bayam merupakan sumber yang baik dari magnesium karena pusat dari molekul klorofil (yang memberikan sayuran hijau warna mereka) mengandung magnesium. Beberapa polong-polongan (buncis dan kacang polong), kacang-kacangan dan biji-bijian, dan utuh, biji-bijian tidak dimurnikan juga merupakan sumber magnesium yang baik [5]. Biji-bijian olahan umumnya rendah magnesium [4-5]. Ketika tepung putih halus dan diproses, kuman kaya magnesium dan dedak dihapus. Roti terbuat dari tepung gandum whole grain menyediakan magnesium lebih dari roti yang dibuat dari tepung halus putih. Air keran bisa menjadi sumber magnesium, tapi jumlahnya bervariasi sesuai dengan pasokan air. Air yang secara alami mengandung mineral lebih digambarkan sebagai "keras". "Sulit" air mengandung magnesium lebih dari air "lunak".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar